Activities

Dalam mewujudkan Visi dan Misi, SMPK PENABUR Kota Jababeka melaksanakan beberapa aktivitas pendukung berikut:

  1. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
    Kegiatan Belajar Mengajar merupakan kegiatan inti dalam sebuah sekolah. Di SMPK PENABUR Kota Jababeka peserta didik belajar pukul 06.40 WIB – 14.30 WIB. Selama 7 jam 35 menit tersebut kegiatan yang kami lakukan adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu daerah, renungan Pagi, belajar dan jam istirahat sebanyak dua kali.
  2. Upacara Bendera
    Upacara Bendera dilaksanakan satu kali dalam sebulan serta pada saat hari peringatan nasional.
  3. Kebaktian Siswa
    Pembinaan kerohanian peserta didik dibina secara rutin dengan dilaksankannya kebaktian siswa setiap satu kali dalam satu bulan. Pada setiap Ibadah akan di undang pendeta untuk membawakan firman.
  4. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
    Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu pertama setiap tahun ajaran baru. Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh peserta didik kelas 7 yang bertujuan untuk memperkenalkan sekolah kepada peserta didik baru.
  5. PRAMUKA
    PRAMUKA adalah kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh peserta didik kelas 7.
  6. Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUSA)
    Kegiatan ini wajib diikuti peserta didik kelas 7 yang bertujuan memberi pembelajaran hidup mandiri dan kepemimpinan. Bentuk kegiatan ini adalah berkemah selama dua hari.
  7. Jambore
    Jambore adalah Pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar. Kegiatan ini dilaksanakan di luar lingkungan sekolah dengan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7 dan dewan galang seluruh SMPK PENABUR. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama dua hari.
  8. Kelompok Kepedulian Orangtua (KKO)
    Orangtua memiliki peran penting dalam mendidik anak, sehingga sekolah membuat program KKO yang berfungsi sebagai wadah berbagi pengalaman dalam mendidik remaja di dalam keluarga. Kegiatan ini mengundang orangtua peserta didik kelas 7 dan 8 secara terpisah dengan berbagai tema yang telah dibuat. Pada pertemuan KKO akan dibawakan oleh pembicara baik dari dalam PENABUR maupun dari luar PENABUR.
  9. Motivation Training (Morning)
    Kegiatan Morning diperuntukkan kepada peserta didik yang mengalami penurunan daya konsentrasi belajar, adaptasi lingkungan yang kurang baik dan pengembangan potensi diri. Kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam satu tahun ajaran dengan mengundang pembicara.
  10. Seminar Orangtua
    Seminar orangtua bertujuan untuk membekali informasi yang berguna dalam pertumbuhan dan perkembangan remaja di lingkungan keluarga, sehingga topik yang di angkat adalah topik khusus atau topik yang disarankan oleh orang tua. Kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam satu tahun ajaran.
  11. English Day
    Pelaksanaan English Day dilakukan setiap hari selasa dan kamis. Pada hari yang ditentukan tersebut peserta didik menggunakan Bahasa Inggris.
  12. English Camp
    Kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam satu tahun ajaran, pesertanya adalah peserta didik sekolah dasar. Kegiatan ini bertujuan melatih speaking, belajar grammer, menambah kosakata dan memperkenalkan SMPK PENABUR Kota Jababeka.
  13. Open School
    Kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam satu tahun ajaran yang bertujuan mempromosikan sekolah. Kegiatan ini mengundang peserta didik SD dari berbagai sekolah.
  14. Bina Iman
    Bina Iman adalah salah satu pembinaan kerohanian yang dilakukan di luar lingkungan sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 8 yang berlangsung selama 3 hari.
  15. Karya Wisata
    Belajar sambil berwisata adalah bentuk yang digunakan dalam kegiatan ini. Selama dua hari berwisata, peserta didik akan dibekali lembar kerja sebagai bahan untuk membantu peserta didik memperoleh ilmu pengetahuan. Peserta dalam kegiatan ini adalah peserta didik kelas 7.
  16. Kunjungan Industri
    Kegiatan ini di khususkan untuk peserta didik kelas 9. Peserta didik akan berkunjung ke beberapa industri untuk melihat bagaimana sebuah produk diproduksi.
  17. Paskah
    Paskah adalah perayaan yang dilaksanakan untuk memperingati hari wafat Yesus Kristus.
  18. Natal
    Natal adalah perayaan yang dilaksanakan untuk memperingati hari lahir Yesus Kristus.
  19. Karakter Day
    Kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam satu tahun ajaran yang berisi pendidikan mengenai karakter.
  20. Purnawidya
    Purnawidya merupakan sebuah acara pelepasan peserta didik kelas 9 ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Acara yang dilakukan berupa ibadah ucapan syukur dan perayaan.
  21. Entrepreneurship
    Keunikan SMPK PENABUR Kota Jababeka adalah sebagai sekolah Entrepreneurship. Kegiatan ini membantu peserta didik menggali bakat dan minat mereka. Bakat dan minat tersebut akan dikelola dalam kegiatan entrepreneurship, sehingga menumbuhkan jiwa entrepreneur.