JAMBORE 2017/2018

PENABUR

JAMBORE

Jambore adalah kegiatan pramuka yang diadakan untuk tingkat penggalang dalam bentuk perkemahan besar. Perkemahan besar maksudnya adalah perkemahan dengan diikuti pramuka dari beberapa gugus depan. Pramuka yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah seluruh gugus depan yang tergabung dalam BPK PENABUR Jakarta. Gugus depan kamipun mengikuti kegiatan ini. Perkemahan dilaksanakan pada 1 & 2 Juni 2018, di cibubur. Tema yang diberikan pada gugus depan kami adalah Sumatera Utara. Perkemahan-perkemahan yang dibuat oleh setiap gugus depan akan disebut kampung. Maka, kampung kami akan di design sesuai kebudayaan Sumatera Utara, yaitu budaya suku Batak.
Sejak kegiatan PERJUSA dilaksanakan, kami sudah di himbau untuk mempersiapkan diri serta perlengkapan untuk kegiatan Jambore. Kami berlatih PBB, Simpul dan Tali, Semapore, Yel yel, dan mengecat bambu yang akan digunakan sebagai pagar kampung. Sementara kakak dewan penggalang bersama kaka pembina mempersiapkan semua keperluan untuk serangkaian acara dan desain kampung.
Segala sesuatunya sudah kami persiapkan, tibalah pada hari yang ditentukan. Kami berangkat pukul 06.00 WIB dari sekolah dan tiba pukul 08.00 WIB di cibubur. Seluruh peserta mengikuti apel pembuka dan dilanjutkan penampilan dari beberapa gugus depan. Usai apel, kami membersihkan dan mendisain kampung. Kampung harus segera selesai karena akan dikunjungi oleh seluruh gugus depan, kakak pembina dan pelaksana Jambore. Begitupun kami akan mengunjungi kampung yang sudah dipersiapkan oleh masing-masing gugus depan. Kakak pembina dan kakak dewan penggalang akan tinggal di kampung untuk menyambut pengunjung. Para pengunjung di sambut dengan tari tradisional. Di kampung kami mereka diajarkan tarian tradisional, diperkenalkan makanan-makanan tradisional, mencicipi makanan dan minuman tradisional dan diperkenalkan satu permainan tradisional Sumatera Utara. Pada malam hari, kami berkumpul di lapangan untuk menyaksikan penampilan setiap gugus depan. Gugus depan kami menampilkan modern dance yang diwakili beberapa teman kami. Hari kedua kami renungan pagi, senam, melanjutkan kunjungan kampung, apel penutup, lalu pulang.
Kegiatan jambore ini memang cukup melelahkan namun menyenangkan. Kami belajar hidup bersama teman, beraktivitas dialam terbuka, bekerja sama, dan menambah pengetahuan beberapa kebudayaan di Indonesia.