PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP 2017/2018

PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP

Pada hari kamis, 11 Januari 2018 kami kelas 7 mengikuti kegiatan entrepreneurship yang diadakan sekolah kami. Di kegiatan kali ini, kami belajar tentang cara membuat film dengan baik. Kami diajari oleh kak Adit. Kak Adit adalah orang yang sudah berpengalaman dalam membuat film/iklan.

Pertama-tama, kami diajarkan tentang tugas-tugas dalam industri perfilman, mulai dari sutradara, produser, dan lain-lain. Semua murid mulai mencatat kata-kata kak Adit di buku tulis. Lalu, tiba-tiba kak Adit menanyakan tentang profesi apa yang diinginkan jika kalian bekerja dalam industri perfilman. Beberapa dari kami ingin menjadi sutradara karena gajinya besar. Tetapi, anehnya, hanya ada tiga orang yang ingin jadi aktornya.

Setelah itu, kita langsung diperintahkan untuk membuat film. Film yang kita buat genrenya bebas. Pertama-tama, kita harus menentukan profesi setiap orang. Setelah itu, kita harus membuat urutan scenenya.

Setelah selesai, langsunglah kami berpindah ke bagian shooting. Waktu shooting hanya sedikit, yaitu 30 menit. Dengan durasi film yang hanya 1 menit, kami harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Kami benar-benar harus pintar dalam memilih lokasi, pencahayaan, dan suara. Kami harus berlari-larian untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Setelah shooting, barulah kami beristirahat sebentar. Bahkan, saat istirahat pun kami masih mencemaskan film yang durasinya “mungkin” kurang. Akhirnya pun, kami memutuskan untuk tenang.

Saat selesai istirahat, tibalah kami untuk mengedit filmnya. Kami masuk ke lab komputer dan diajarkan cara mengedit yang benar. Software yang digunakan cukup mudah. Kami bisa mempelajarinya.

Saat sudah selesai mengedit, kami diberikan pertanyaan (berhadiah). Disana, kami pun mulai berebut hadiah satu sama lain. Beberapa dari teman kami mendapatkan hadiahnya. Kak Adit pun juga sedikit menjelaskan tentang iklan yang ia dulu pernah buat. Seperti, iklan di Malaysia, dan lain-lain. Pokoknya, kegiatan kali ini sangatlah menyenangkan. Kami bisa tahu bahwa film-film di bioskop pembuatannya bisa menguras energi yang sangat banyak.

By. Kogure Kira (Kelas 7A)