KUNJUNGAN INDUSTRI 2017 ” SARI ROTI”

KUNJUNGAN INDUSTRI 2017 “SARI ROTI”

Pada Kamis, 12 Oktober 2017, kelas 9 SMPK PENABUR Kota Jababeka mengadakan study tour ke pabrik Sari Roti yang terletak di Kawasan Industri Jababeka. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari sekolah membuat kami tidak bosan dan lelah di perjalanan . Sampai di sana, kami perlu menunggu beberapa saat di ruang tunggu untuk persiapan tour.

Setelah menunggu kami pun masuk ke dalam gedung, diantarkan ke sebuah ruangan seperti bioskop. Di ruangan tersebut, kami menonton sebuah clip mengenai Sari Roti, mulai dari sejarahnya sampai ke proses produksi dan distribusi. Kami juga dikenalkan pada produk Sari Roti yang tidak terlalu sering kita jumpai atau bahkan belum pernah sekalipun. Proses produksinya sangat higienis, hampir tanpa sentuhan tangan manusia. Mesinnya dari Jepang, sehingga kualitasnya terjamin. Kami berkesempatan untuk melihat-lihat proses produksi secara langsung. Kami hanya boleh melihat dari jendela atas agar kehigienisan tetap terjamin.

Sang tour guidejuga membuka sesi tanya-jawab. Kami sangat antusias bertanya. Kami bertanya banyak hal, dari limbah, kendala dalam membuka usaha Sari Roti, masalah produk cacat, dan lain-lain. Ada yang ngambek karena selalu nggak ditunjuk buat bertanya, bahkan sepertinya kakak tour guide tersebut kelelahan menjawab, loh! Awalnya hanya 3 di antara kami yang mendapatkan hal sebagai apresiasi dari pertanyaan-pertanyaan terbaik, tetapi ditambah menjadi 7 karena sangat banyak. Asik, kan?

Bukan asal jalan-jalan, tentu saja kami mendapat banyak pelajaran, bagaimana sih jadi pengusaha itu? Kami juga secara tidak langsung ditarik untuk meminati dunia perusahaan. Bagi teman-teman yang termotivasi ingin membuka usaha dan dapat sukses seperti Sari Roti yuk membangun karakter tekun, taat, berani dan rendah hati. Nggak hanya pelajaran, kami juga membawa bingkisan roti untuk dibawa pulang, loh!

Develyne De Meichella (Kelas 9A)