KARYA WISATA 2016

KARYA WISATA SMPK PENABUR KOTA JABABEKA TA.2016/2017

Karya wisata merupakan salah satu program sekolah untuk peserta didik kelas VII yang dilaksanakan dengan berwisata. Kegiatan wisata ini dilakukan di bandung selama dua hari yaitu 20-21 Oktober 2016. Tidak hanya berwisata, peserta didik juga belajar dan menambah pengetahuan dari setiap tempat wisata yang dikunjungi. Tempat wisata yang dikunjungi karya wisata tahun ini adalah Jendela Alam, Museum Geologi, Trans Studio, Saung Udjo dan Museum Asia Afrika.

Jendela Alam

Jendela Alam adalah tempat wisata yang pertama dikunjungi. Tujuan kenjungan di tempat ini adalah untuk menambah pengetahuan peserta didik mengenai tumbuhan dan hewan, sambil berwisata peserta didik akan mengisi LKS (Lembar Kerja Siswa) karya wisata Biologi.

Karya Wisata Jendela Alam SMPK PENABUR Kota Jababeka (Karwis)

Peserta didik sedang mengamati tanaman dan mengisi LKS Biologi Karya Wisata

Museum Geologi

Kunjungan kekedua adalah Museum Geologi yang menyediakan pengetahuan mengenai sejarah geologi bumi. Peserta didik dapat bertanya kepada narasumber yang sedang bertugas di Museum Geologi. Peserta didik menggali informasi dan kemudian mengisi LKS karya wisata IPS.

Karya Wisata SMPK PENABUR Kota Jababeka di Museum Geologi (Karwis)

Peserta didik sedang berdiskusi mengenai planet

Trans Studio

Kunjungan terakhir di hari pertama adalah Trans Studio, tujuan utama karya wisata Trans Studio, yaitu mengunjungi Science Center. Science Center adalah tempat menggali pengetahuan tentang MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), disini peserta didik akan mengisi LKS karya wisata Fisika. Satu jam mengerjakan LKS di Science Center peserta didik dipersilahkan menikmati wahana yang ada di Trans Studio. Tiga jam bermain di wahana Trans Studio seluruh peserta berkumpul kembali dan melanjutkan perjalanan menuju V Hotel & Residence Bandung untuk beristirahat.

Karya Wisata SMPK PENABUR Kota Jababeka di Trans Studio (Karwis)

Peserta didik sedang antri masuk Trans Studio

Saung Anglung Udjo

Hari ke dua, pukul 08.00 seluruh peserta karya wisata check out dan melanjutkan perjalanan menuju Saung Angklung Udjo. Saung Angklung Udjo adalah tempat kesenian budaya sunda, salah satunya permainan angklung. Sesampainya di Saung Angklung Udjo peserta disambut dengan es potong dan souvenir kalung angklung. Kesempatan yang sangat berharga di tempat ini adalah dapat menikmati pertunjukan seni yang ditampilkan oleh anak sanggar saung udjo, peserta juga belajar memaninkan angklung dan diajak menari bersama. Tujuan kunjungan ke Saung Angklung Udjo adalah menambah pengetahuan dalam bidang Seni Musik, peserta didik mengisi juga LKS Seni Musik.

Karya Wisata SMPK PENABUR Kota Jababeka di Saung Angklung Udjo (Karwis)

Peserta didik sedang memperhatikan cara bermain angklung

Museum Asia Afrika

Tempat yang terakhir kunjungan karya wisata ini adalah Museum Asia Afrika yang menyediakan pengetahuan mengenai Konferensi Asia Afrika (KAA). Peserta didik dapat melihat peninggalan-peninggalan, tokoh-tokoh dan video KAA. Selama di Museum peserta didik dapat sambil mengisi LKS karya wisata Kewarganegaraan.

Karya Wisata SMPK PENABUR Kota Jababeka di Museum Geologi (Karwis)

Peserta didik sedang mendengarkan pembicara yang menjelaskan mengenai Konferensi Asia Afrika